Follow @ML_Anime (≧ω≦)

Belajar Bahasa Jepang Lewat Anime, Bagaimana Caranya?

Ketika sedang membahas mengenai pelajaran bahasa Jepang di twitter, wata seringkali mendapat pertanyaan dari teman-teman di twitter mengenai bagaimana caranya bisa belajar bahasa Jepang dengan mudah. Saran yang biasa wata berikan adalah terus mengulang kata/kalimat yang ingin dipelajari, dan juga selalu menulis kata-kata tersebut. Tidak jauh berbeda mungkin dengan cara kita belajar bahasa Inggris saat SD dulu, dengan mengulang-ulang.
Namun wata pun mendapati juga pendapat kalu belajar seperti itu membosankan, akhirnya setelah mencoba-coba metode lain yang mungkin efektif untuk kalian, wata akhirnya menemukan satu metode menyenangkan dan pastinya tidak membosankan untuk kalian untuk belajar bahasa Jepang! Ya, dengan menonon anime!
Bagaimana caranya?
Di zaman serba download seperti ini, wata yakin di hard disk kalian pasti tersimpan ratusan atau bahkan mungkin ribuan anime dengan berbagai genre, namun semuanya pasti ber-sub, kan? Nah, mulai sekarang, kalau kalian ingin coba belajar bahasa Jepang, cobalah dengan mulai mendownload anime yang sub nya bisa dilepas!
Dilepas?
Dalam pembuatan sub untuk anime, ada 2 tipikal umum, yakni hard sub, yaitu sub nya sudah menempel langsung di video tersebut, memungkinkan video menjadi lebih enteng untuk diputar, dan soft sub, yakni sub nya bisa dihilangkan sesuai dengan keinginan penonton anime tersebut. Kalau wata sendiri, lebih suka menonton yang soft sub, karena kalau kita menonton dengan sub, terkadang mata jadi lebih terfokus kepada sub daripada kepada anime nya itu sendiri, hehe..
Yang pertama harus kalian lakukan tentu memahami sedikit mengenai partikel-partikel umum yang biasa dipakai dalam bahasa Jepang, seperti wa yang dipakai untuk subyek, no yang dipakai untuk kepunyaan, wo untuk kata sifat, he untuk tujuan, ni sebagai penunjuk lokasi, ataupun ga yang bisa digunakan seperti wa atau wo tergantung dengan pemakaiannya.
Setelah itu, pilihlah anime yang kalimatnya mudah dimengerti, dalam hal ini wata menyarankan kalian untuk memilih genre anime slice of life, karena bahasa yang digunakan lebih ke bahasa sehari-hari, tidak ada bahasa-bahasa aneh mengenai pembahasan mesin waktu, makhluk luar angkasa, manusia super, ataupun lainnya. Namun tidak menutup kemungkinan bagi kalian yang ingin belajar melalui anime-anime bergenre ini, lho. Kalau kalian bertanya, maka anime yang wata sarankan adalah K-On, bahasa nya lumayan enteng untuk kita yang masih baru belajar bahasa Jepang.
Nah, disinilah gunanya sub yang bisa dilepas. Setelah beberapa kali menonton satu episode dengan sub, mulailah melepas sub dari episode tersebut, dan cobalah cocokkan bagian-bagian kalimat yang diucapkan oleh karakter tersebut. Misal ada satu bagian di mana Yui mengatakan kalimat “Gomennasai, ikemasen” dan sub menuliskan “Maaf, saya tidak bisa” . Nah, dari kalimat ini saja sudah 2 kata yang kalian pelajari. Coba bayangkan ada berapa kalimat yang bisa kalian pelajari dalam satu episode anime!

1 komentar:

  1. Mantap artikel nya jadi makin suka tentang jepang (h) (h) (h) *weeabooo :))

    BalasHapus